Tak Sesulit yang Dibayangkan

Tak Sesulit yang Dibayangkan

Koperasi Pekka Karya Annisa kabupaten Brebes sudah lama berdiri dan setiap transaksi simpan pinjam pada tanggal 26 setiap bulan mencapai 25 juta lebih. Akan tetapi pembuatan laporan keuangan belum bisa dilakukan oleh pengurus sendiri dengan lengkap. laporan yang dibuat hanya sampai dengan laporan kas saja setiap bulan. Sehingga setiap tahun akan melakukan RAT selalu menggantungkan pada pendamping lapang untuk membuatkan laporan keuangan.

Maka pada hari Selasa tanggal 27 Agustus 2019, faslap meminta mereka untuk merekap transaksi yang diterima pada pertemuan bulan ini yaitu tangal 26 Agustus dan kami akan mencoba membuat laporan keuangan sampai dengan neraca bersama-sama. Pengurus berjumlah 6 orang, faslap bagi menjadi 2 tim.

Awalnya, kami merekap simpanan dan pinjaman, setelah itu faslap mencoba membuat laporan keuangan sendiri. Kemudian faslap memandu pengurus untuk menyusun laporan kas, dengan membacakan transaksi keuangan dan mereka yang menentukan penulisan di posisi kolom debet atau kredit, membuat laporan Rugi/laba dengan memilah biaya dan pendapatan selama transaksi bulan ini. Kemudian, dari bermodal 3 data tadi, faslap memandu pengurus membuat laporan neraca. Alhasil, laporan keuangan bulan agustus 2019 selesai!!! Pengurus merasa senang dan heran, kenapa membuat laporan keuangan yang selama ini dibayangkan sulit ternyata mudah? “jebule ko gampang ya? Kayonge sing uwis-uwis gawe laporan RAT suwi nemen?” kata salah satu dari mereka. Faslap jawab, karena teman-teman sudah mulai paham sehingga terasa mudah, dan laporan dibuat langsung setelah transaksi sehingga jika ada kesalahan data bisa langsung dikoreksi. Sedangkan selama ini, laporan neraca tidak dibuat sehingga menumpuk selama 1 tahun bahkan lebih, jika ada kesalahan data menjadi semakin bertumpuk masalahnya. Kegiatan ini sebenarnya juga sudah pernah diajarkan oleh faslap sebelumnya, akan tetapi karena tidak dilakukan jadinya lupa.

Karena mereka sedang bersemangat, maka Faslap lanjutkan dengan memberi tantangan membuat laporan keuangan bulan Juli 2019. Faslap membacakan rekap simpanan dan pinjaman serta laporan kas yang sudah disiapkan. Kemudian mereka tinggal melanjutkan membuat laporan Rugi/Laba dan Neraca. Mereka sempat kewalahan, tapi faslap semangati dengan memberikan minuman jamu gendong jika teman-teman berhasil, karena pada saat itu penjual jamu sedang lewat center pekka . Maka, mereka saling berlomba untuk lebih cepat selesai. 15 menit kemudian… “ BERHASIL… HORRREEE… AKU BISA.. “ teriak Wikdini Harti girang. Mulai bulan September besok dia dan Wasri akan mencoba membuat laporan ini setelah transaksi koperasi setelah di rekap laporan simpin dan kas oleh pengurus lainnya. Kegiatan hari ini dilakukan di center Pekka dari jam 9.30 WIB sampai dengan jam 17.00 WIB dan selesai dengan menggembirakan.

Kontributor: Anti, Faslap Pekka Brebes

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *