Senangnya Terlibat di Kelompok Pekka

Senangnya Terlibat di Kelompok Pekka

Saya adalah seorang ibu rumah tangga yang sehari – hari sering menghabiskan waktu dengan kesibukan di rumah. Selain menjadi ibu rumah tangga, saya juga menjadi pengrajin sapu lidi dan piring lidi. Piring lidi saya buat jika ada pesanan. Pesanan itu bisa dari kawan sedesa, di luar desa atau desa tetangga, bahkan kadang pesanan dari Yogyakarta.

Saya juga penerima bantuan PKH yang kebetulan ditunjuk menjadi pengurus PKH dan BPNT di desa saya desa Ngumbul, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan.

Bulan September 2019, saya diminta oleh Perangkat Desa dan juga teman – teman saya untuk bergabung di kelompok Pekka. Dan sayapun kini ikut membantu menjadi pengurus Serikat Pekka Dusun Krajan Desa Ngumbul, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan.

Di Pekka, saya merasa sedikit berbeda dari kelompok yang lain karena belum lama bergabung, kami sekelompok yang anggotanya sebagian besar sudah berumur lansia diberi pelatihan Visi Misi dan Motivasi Berkelompok. Di situ, saya senang karena belajar bagaimana menetapkan tujuan di kelompok, sehingga kelompok ini bukan hanya kelompok yang isinya ibu-ibu kumpul – kumpul.

Bahkan selanjutnya, saya dengan kawan – kawan ikut membantu pembentukan kelompok Pekka di Dusun – Dusun yang lain di desa Ngumbul yakni di Dusun Jeruk dan Gulu Payung. Setelah terbentuk di beberapa dusun, Kepala Dusun – Kepala Dusun di Dusun lain menginginkan dibentuknya kelompok Pekka. Seperti Dusun Ngagik dan Bandarangin.

Saya sangat senang, karena pemerintahan desa Ngumbul cukup mendukung Program Pekka di desa. Meski kelompok yang baru, nama kelompok Pekka juga diikutsertakan dalam lomba administrasi  desa dimana saya, dan kawan saya Rina dan Solikah juga dilibatkan.

Selain lomba administrasi desa, lomba lain yang tak kalah seru yakni lomba rebana yang juga melibatkan banyak anggota kelompok Pekka di dalamnya, serta lomba yel –yel. Senang bisa berfoto bersama Kepala Desa Ngumbul yang baru terpilih serta Bapak Camat Tulakan. Semoga kelompok Pekka di Ngumbul semakin maju dan diakui oleh pemerintah dan masyarakat. Amin

Kontributor: Suparmi, kader Pekka Pacitan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *