Antusias Anggota Pekka  Menjadi Penyemangat untuk Terus Maju

Antusias Anggota Pekka Menjadi Penyemangat untuk Terus Maju

Hari ini sangat melelahkan, pagi itu kami beberapa kader Pekka Trenggalek yang bertugas dengan semangat menuju ke desa Pringapus kecamatan Dongko, Trenggalek untuk mendampingi pertemuan kelompok Pekka Seruni. Mengapa mereka meminta kami, kader Pekka dari lain desa untuk mendampingi? Karena mereka ingin kembali mengaktifkan pertemuan yang sudah lama tertunda karena Pandemi Covid 19. Hari ini Minggu tanggal 25 Oktober 2020, mereka bersemangat bertemu kembali.

Acara dibuka oleh kader dan pengurus kelompok Seruni dari desa Pringapus, Siti Nurhidayati. Dilanjutkan pembahasan kembali terkait apa Visi Misi dan Motivasi pentingnya berkelompok oleh Bu Nanik. Tak hentinya Bu Nanik memotivasi pentingnya kelompok Pekka sebagai wadah organisasi perempuan untuk aktif bergerak dan diakui oleh banyak pihak.

Kami senang karena meskipun banyak anggota lansia, mereka aktif bertanya. Diantaranya salah seorang anggota menanyakan: “ Apa perempuan kepala keluarga itu? “ Bu Nanik dengan antusias menjelaskan kembali apa Pekka dan kriterianya.

Lalu bersama – sama kami mengajarkan dan menyanyi bersama lagu Perempuan Berjuanglah dan Pekka Memimpin. Kamipun senang bisa kembali bersama – sama menyanyikan lagu perjuangan Pekka.

Acara dilanjutkan dengan senam lansia dan senam diabetes. Peserta sangat antusia dan minta senam diulang lagi suapaya hafal gerakannya. Apalagi sambil diselingi pengetahuan tentang kesehatan.

Dalam menyusun Rencana Tindak Lanjut, kelomppok Pekka Seruni juga ingin ada pelatihan – pelatihan usaha makanan seperti kue – kue untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Karena mereka mendengar bahwa kelompok di Anggrek kini sudah terima pesanan kue Bikang berkat dilatih Bu Nanik.

Acara ditutup jam 12.30 WIB dan kami berpamitan karena harus mendampingi kelompok Pekka lain yang juga mengadakan pertemuan dihari yang sama yakni kelompok Pekka Bina Lestari di dusun Premban desa Dongko.

Kelompok ini juga sudah nyaris bubar gara – gara pandemic Covid 19. Namun melihat di grup grup wa banyak kelompok Pekka lain yang kembali aktif melakukan pertemuan kelompok bahkan gembira ber senam bersama, maka kader kelompok Bina Lestari bersemangat mengaktifkan kelompok Pekka kembali. Dan rupanya kegiatan senam bisa menjadi penyemangat anggota untuk bersatu melakukan pertemuan rutin lagi.

Sampai di Dusun Premban jam 13.30 WIB, kami disambut antusias anggota yang sudah berkumpul. Acarapun langsung dibuka dengan doa dan kembali penjelasan tentang pentingnya ada pertemuan rutin kelompok Pekka kembali.

Acara dilanjutkan dengan menyepakati pembentukan Pengurus kelompok Pekka yang baru karena Pengurus Kelompok Pekka yang lama sudah tidak aktif. Selain itu juga dimulainya kesepakatan kegiatan simpan pinjam dan arisan yang dapat membantu penguatan ekonomi anggota kelompok.

Seperti di kelompok sebelumnya, kami juga mengajarkan senam yang membuat anggota kelompok sangat bersemangat dan bergembira. Waktu berjalan cepat tanpa terasa sudah lebih dari pukul 17.00 WIB. Kamipun berpamitan pulang setelah menutup acara pertemuan kelompok.

Dalam perjalanan pulang kami berharap semoga kelompok – kelompok Pekka di Trenggalek dan di seluruh Indonesia semakin Berjaya dan maju, meningkat perekonomiannya, serta memberi banyak manfaat bagi banyak orang.

Kontributor: Susan, kader Pekka Trenggalek

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *