Rapat Anggota Tahunan (RAT) LKM SISKOM Tapak Perempuan Pesisir

Rapat Anggota Tahunan (RAT) LKM SISKOM Tapak Perempuan Pesisir

Rapat Anggota Tahunan atau RAT, adalah sebuah pesta akbar bagi para anggota Lembaga Keuangan Mikro Berbasis Komunitas (LKM SISKOM) Tapak Perempuan Pesisir (TPP) yang baru pertama kali diadakan setelah kurang lebih 2 tahun. LKM TPP terbentuk pada akhir tahun 2011. RAT perdana ini dihadiri oleh 128 orang anggota LKM, Ibu Camat, Kepala Dusun serta perwakilan dari Disperindagkop.

LKM TPP merupakan LKM Pekka pertama yang dibentuk di Kabupaten Asahan Sumatera Utara dengan cakupan wilayah kecamatan Tanjungbalai. Saat ini anggota LKM berjumlah 445 orang yang terbagi dalam 31 kelompok. Jumlah simpanan anggota mencapai Rp.55.504.000,- perputaran modal untuk pinjaman bergulir mencapai Rp.312.185.000,-.

LKM dimulai dari kegiatan simpan pinjam di tingkat kelompok hingga digabungkan di LKM yang ada di tingkat Kabupaten atau Kecamatan terdekat. LKM yang terbentuk dimulai dari dana swadaya para anggota yang membayar simpanan pokok pada saat awal bergabung ke LKM sebesar Rp.50.000,- yang dapat diangsur dalam satu tahun.

Setiap bulan anggota membayar simpanan wajib Rp 2.000,- . Tidak mudah awalnya mengajak ibu Pekka untuk melakukan simpanan atau menabung. Tetapi dengan pendekatan yang terus menerus mulai terlihat hasilnya. Dalam kondisi darurat saat mereka membutuhkan uang, mereka dapat mengambil uang tabungannya.

RAT perdana membagikan sisa hasil usaha (SHU) kepada anggota sebesar Rp.35.758.371,-. Jumlah SHU terbilang cukup besar bagi LKM yang baru terbentuk dua tahun. Para pengurus LKM TPP pun cukup senang dengan jumlah SHU yang besar ini, tidak pernah mereka sangka sebelumnya.

Dengan adanya RAT ini, membuat para anggota semakin semangat dalam melakukan simpan pinjam di LKM dan senang karena akan mendapatkan SHU secara langsung dari hasil tabungan yang selama ini mereka lakukan.

Bagi para pengurus LKM, moment RAT merupakan bentuk pertanggungjawaban mereka kepada para anggota atas pengelolaan keuangan yang dilakukan. Harapannya, dalam tahun kedepan RAT bisa dilakukan setiap tahun sekali agar anggota dapat menerima laporan pertanggung jawaban pengurus LKM dan menerima SHU setiap tahunnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *