Pekkamart Menuju Kesejahteraan Bersama

Pekkamart Menuju Kesejahteraan Bersama

Pekka Mart Dompu berdiri awal tahun 2020 atas prakarsa Bu Hj. Saodah yang saat ini menjadi bendahara Serikat Pekka Dompu. Di tengah kesulitan ekonomi yang dihadapi bangsa ini termasuk yang ada di kabupaten Dompu, Pekka Mart ini menjadi solusi belanja bagi anggota Pekka Desa Bakajaya.

 Minat belanja yang rendah karena pemasukan yang sedikit bahkan sangat menipis, dampak pandemic COVID 19 melanda dunia, dan  panen yang berkurang menguntungkan karena terserang hama menyebabkan para ibu-ibu terancam kelaparan bersama, tapi Pekka Mart tampil menjadi dewa penolong bagi jiwa-jiwa yang sedang dilanda krisis keuangan. Di Pekka Mart, mereka bisa belanja bahan kebutuhan pokok dengan sistem kredit atau cicilan, bisa dalam tempo satu minggu atau satu bulan.    

Awal mula Pekka Mart hanya bermodalkan uang sebanyak Rp.7.000.000 dari hasil tabungan anggota di empat kelompok , disisihkan dari sisa uang pinjaman anggota kelompok, dari bulan ke bulan Pekka Mart terus mengalami peningkatan, modal yang dulu hanya 7 juta kini telah bertambah 100 % dari modal awal. Suatu capaian yang sulit untuk dipikirkan secara logika tapi di tangan Hj.Saodah Pekka Mart berjalan dengan lancar.

Hari ini, 17 September 2021 Pekka Mart berbelanja lagi untuk kesekian kalinya, beras beras 100 karung atau setara dengan ukuran 1 ton dan beberapa kebutuhan pokok lainnya siap mengisi toko Pekka Mart yang ada di Desa Bakajaya ini, walau tempatnya masih kecil dan berada di lorong kecil tapi tidak mengurangi fungsi dan faedahnya, kalau Pekka Mart ini sangat bermanfaat untuk semua orang bukan hanya untuk anggota Pekka saja tapi untuk masyarakat umum lainnya.

Tidak ada usaha yang sia – sia jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, orang akan mengenal dan mengenang kita atas apa yang kita lakukan di dunia, teruslah tebar kebaikan untuk semua orang dan jangan tunda lagi , manfaatkan sisa umur dengan hal – hal yang berguna. Pekka menjadi alasan bagi sebuah ketahanan pangan keluarga menuju kesejahteraan bersama.

Kontributor: Marlia, kader Pekka Kab. Dompu, NTB

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *