Perputaran Simpan-pinjam mencapai Rp 522.500.000

Perputaran Simpan-pinjam mencapai Rp 522.500.000

Acara RAT ini merupakan acara rutin yang dilakukan setiap tahun dalam rangka pemaparan pertanggungjawaban pengurus kelompok kepada anggota dalam hal keuangan.

Perputaran simpanan pinjaman di Kelompok Cendana sampai dengan sekarang sudah mencapai Rp 522.500.000,-  dan  sisa pinjaman Rp 90.230.000,- yang masih berada di anggota.

Kegiatan simpan pinjam ini sudah dilakukan dalam kurun waktu terbentuknya kelompok pada tahun 2006 sampai 2020 sekarang, dan tentunya banyak manfaat yang dirasakan oleh anggota dari kegiatan simpan pinjam ini.

Hari minggu, 26 Januari 2020 pukul 14.00 WIB, undangan yang dilayangkan oleh pengurus kelompok ke anggota untuk menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) tentunya adalah kabar bahagia dan gembira yang dirasakan oleh seluruh anggota Kelompok Cendana yang berjumlah 55 orang.

ini Sisa Hasil Usaha (SHU) yang di dapatkan oleh Kelompok Cendana sebanyak Rp 12.447.000,- dengan pembagian untuk anggota sebanyak 60%, pengurus 10 %, dana sosial 5%, dana pendidikan 5 % dan dana cadangan sebanyak 20 %.

Biasanya RAT di hadiri oleh Faslap dan perangkat desa, tetapi kali ini Faslap sedang bertugas keluar kota.

RAT juga seharusnya dilakukan pada bulan Desember, dan sempat tertunda berhubung anak dari pengurus masuk rumah sakit hingga akhirnya pelaksanaan RAT digeser ke Januari 2020.

Namun demikian dengan adanya komunikasi yang dibangun oleh Faslap dan pengurus, maka RAT tetap dapat dilaksanakan tanpa kehadiran Faslap.

Dalam pertemuan itu hanya 30 orang anggota yang menghadiri RAT dengan alasan yang lainnya sibuk panen di sawah.

Kekompakan yang dirasakan pada saat RAT adalah selesai acara panitia dan anggota makan bersama yang telah dipersapkan terlebih dahulu oleh panitia Kelompok Cendana.

“Besar harapan pengurus kedepannya kelompok bertambah maju dan anggota juga rajin datang ke pertemuan kelompok”,  imbau Asmanidar selaku Bendahara Kelompok Cendana.

Penulis: Lasmi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *