Sosialisasi Program & Perluasan Wilayah

Sosialisasi Program & Perluasan Wilayah

Siang hari yang terik bertempat di Kantor Kelurahan Kotobangon Kecamatan Kotamobagu Timur Kota Kotamobagu Sulawesi Utara, diadakan acara Sosialisasi Pekka, Juli 2019.

Sosialisasi disampaikan oleh Faslap ditemani dengan 4 orang kader, serta juga didampingi oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kab Bolaangmongondow, yang mendukung program Pekka, Ibu Nurmiati Salam.

Faslap menjelaskan tentang Pekka yang merupakan program perempuan kepala keluarga yang menjadi tulang punggung dalam keluarga atau membantu keluarga dalam mencari nafkah.

Pekka sudah berdiri pada tahun 2002 yg digagas oleh Komnas Perempuan. Program Pekka terdiri dari pemberdayaan ekonomi seperti simpan pinjam, pemberdayaan sosial, pemberdayaan hukum, penyadaran untuk masyarakat akan pentingnya mempunyai identitas diri, Pemberdayaan Politik yang melatih anggota untuk menjadi pemimpin dalam organisasi dan di desa, Pendidikan sepanjang hayat melalui sekolah kader Pekka Akademi Paradigta dan program media rakyat yang meliput kegiatan pekka untuk bertujuan menulis cerita atau mendokumentasikan kegiatan Pekka.

Dari sosialisasi tersebut disepakati akan terbentuknya kelompok Pekka di wilayah itu.

Mereka berharap agar dengan adanya Pekka bisa menjadi penerang bagi keluarganya untuk mendapatkan ilmu melalui Pekka, selain itu setelah bergabung di Pekka mereka mendapat pengetahuan terkait cara pengurusan BPJS dan akte kelahiran sehingga mereka juga bisa membantu masyarakat sekitar.

Kelompok yang terbentuk ada dua kelompok yg berada di lingkungan 2 dan lingkungan 5, dan akan diadakan kegiatan selanjutnya pada tanggal 1 Agustus 2019 jam 3 sore di rumah ketua kelompok.

Kontributor: Mira Lensun

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *