Perjuangan Mengikuti Pelatihan Pendataan Pemantauan Bansos 2020

Perjuangan Mengikuti Pelatihan Pendataan Pemantauan Bansos 2020

Saya Maryam atau biasa dipanggil Mama Nuar, sebagai Ketua LKM Pekka Mambulillin, bertempat tinggal di Dusun Batarirak Desa Balla Satanetean Kecamatan Balla Kabupaten Mamasa – Propinsi Sulawesi Barat. Saya mendapat kesempatan mengikuti Pelatihan Pendataan Pemantauan Bantuan Sosial. Untuk di wilayah Mamasa diwakili oleh 2 orang peserta pelatihan yakni saya sendiri dan Ibu Seniwati dari Desa Pidara.

Pelatihan kali ini merupakan pelatihan secara nasional dan kami pun bisa mengikutinya di tempat masing-masing, karena pelatihannya dilakukan melalui pertemuan virtual dengan menggunakan aplikasi ZOOM.

Sebelumnya kami belum pernah melakukan hal ini, karena dengan adanya Pandemi Covid 19, namun sebelum pelatihan ini kami sudah melakukan pertemuan virtual dengan Tim Yayasan Pekka dengan dibantu sama anak maka saya pun bisa menggunakan aplikasi ZOOM.

Namun saat menggunakan aplikasi ZOOM ini membutuhkan jaringan internet yang bagus dan sinyal kuat, sehingga pada awalnya tanggal 18 Mei 2020 saya mengikuti pelatihan diatas pohon besar. Yang mana tempat itu juga biasa  digunakan anak sekolah belajar secara online.

Jarak tempuh ketempat itu sekitar 300 meter dari pemukiman penduduk, sehingga pelatihan di hari pertama saya sudah sempat mengikuti sebagian tapi pas sesi Direktur Pekka (Bunda Nani) berbicara sinyal hilang dan saya mengira saya keluar atau ada salah klik dan tidak bisa masuk lagi.

Saya telepon Faslap tak diangkat, malah diingatkan tentang peraturan yang disampaikan Mbak Wilu tidak boleh angkat telepon. Saya  telepon teman Ibu Seniwati juga tidak diangkat pasalnya semua peserta termasuk  Faslap juga masih tahap belajar menggunakan ZOOM. Masih bingung juga, apakah kalau angkat telepon akan berpengaruh dengan teman-teman yang lain yang lagi mendengarkan pemaparan dari Direktur Pekka.

Akhirnya saya merasa ingin menangis, kok mereka begitu tega ya tidak angkat telepon di saat saya kebingungan?  Faslap sms  tanya ke Mas yanto, setelah ada anak sekolah  lewat saya tanya coba lihatkan HP saya dek….. Kenapa saya tidak bisa lagi masuk  ZOOM,  katanya sinyal error, maka saya cepat-cepat turun dari atas pohon dan minta suami antar saya ke pondok  di samping “Aula Marasa” dekat Kantor Desa.

Puji Tuhan saya mengikuti pelatihan 2 hari di tempat itu walau sinyal kadang datang kadang pergi alias timbul tenggelam.

Kontributor: Maryam

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *