Kades Tandatangani SK Kelompok Pekka

Kades Tandatangani SK Kelompok Pekka

Diskusi Kampung merupakan kegiatan yang diselenggarakan Serikat Pekka sebagai tindak lanjut dari KLIK Pekka yang dilaksanakan di Balai Desa Gemaharjo tanggal 27 Januari 2020 lalu. Seperti pelaksanaan KLIK, Diskusi Kampung di Balai Desa Gemaharjo juga dilaksanakan di balai Desa Gemaharjo.

Diskusi kampung ini dibuka oleh ibu Sri Baroyatun dari Pekka Bantul Yogyakarta yang membantu kami Pekka di Pacitan. Dilanjutkan pembacaan Laporan Pertanggungjawaban hasil KLIK oleh Ibu Tukiyah.

Dilanjutkan pidato oleh Bapak kepala Desa yang baru desa Gemaharjo, Bapak Harmanto. Bapak Harmanto merasa sangat berterima kasih dan merasa terbantu dengan diselenggarakannya KLIK Pekka di desa Gemaharjo.

Bapak Harmanto juga telah menandatangani SK adanya kelompok – kelompok Pekka di desa Gemaharjo. Dengan begitu berarti Pekka sudah diakui desa. Di Diskusi kampong ini, dihadiri pula bapak ibu perangkat desa dan juga perwakilan dari Puskesmas dan KUA.

Dari KUA memberikan masukan supaya Serikat Pekka terus menggerakkan masyarakat untuk mencegah Pernikahan Dini karena di Desa Gemaharjo kasusnya cukup banyak. Terkait hal ini Pekka bisa bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan tokoh – tokoh masyarakat.

Pak Kepala Desa mendukung hal ini dan tidak berkeberatan jika pemerintah desa diminta memfasilitasi kegiatan – kegiatan positif yang dilakukan Pekka.

Meski Pak Kepala Desa mengatakan agak kecewa karena perekaman E KTP mengalami persoalan dengan gangguan teknis, namun berfikir positif karena pihak Disdukcapil pasti menindaklanjuti pekerjaan yang tertunda ini.

Pak Kepala Dusun juga bersimpati kepada Petugas Disdukcapil yang telah rela naik gunung ke Dusun yang jauh untuk perekaman warga disabilitas. Diskusi ditutup dengan kesimpulan oleh Sri Baroyatun, hampir jam 12.00 WIB siang hari.

Saya sebagai Pengurus kelompok Pekka di desa Gemaharjo sangat senang dilibatkan penuh di kegiatan KLIK Pekka dan Diskusi kampong ini. Apalagi acara KLIK dan Diskusi Kampung juga diliput di media desa. Semoga ke depan Pekka di Gemaharjo dan Tegalombo umumnya semakin diakui.

Kontributor: Sutiyah, kader Pekka Pacitan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *