Memulai Kelas Akademi Paradigta Kewirausahaan

Memulai Kelas Akademi Paradigta Kewirausahaan

Buton Tengah, 11 Oktober 2023 bertempat di Kantor Kelurahan Mawasangka, dilaksanakan kelas Akademi Paradigta Kewirausahaan (APK) angkatan kedua. Kelas difasilitasi oleh para mentor yaitu Zalina, Mariha, Halisa, dan saya sendiri (Siti Homsiyah), serta koordinator APK Ibu Yusniah Asif. Pada saat itu peserta yang hadir sebanyak 22 orang dari peserta yang seharusnya 30 orang, karena banyak peserta yang tidak bisa hadir pada saat pembukaan kelas. Akademia mengikuti kelas dengan semangat yang luar biasa.

Kelas ini diawali dengan membangun suasana belajar dan perkenalan akademia serta membahas kontrak belajar dan silabus/kurikulum pendidikan akademi Paradigta.

Dalam Modul 0.1, kami mengajak akademia untuk membangun suasana belajar yang kondusif, menarik dan menyenangkan dengan membuat salah satu permainan. Pada saat itu, kami memberikan permainan rumah, manusia dan angin topan. Akademia memainkannya dengan penuh semangat dan menggembirakan, sehingga suasana menjadi akrab dan ramai. Kemudian kami mengajak akademia untuk saling berkenalan dengan cara meminta akademia memilih pasangan. Setelah perkenalan pasangan, selanjutnya bergilir mengenalkan pasangannya masing-masing.

Selanjutnya, pada pokok bahasan 0.2 kami membahas silabus/kurikulum pendidikan Akademi Paradigta Kewirausahaan, kesepakatan waktu belajar, piket dan tata tertib. Kami menyepakati waktu belajar seminggu 2 kali.

Semangat para akademia terlihat sangat jelas. Mereka memberikan respon yang sangat baik terhadap kesepakatan waktu belajar yang sudah kami sepakati bersama. Bahkan bulan berikutnya mereka meminta seminggu 3 kali pertemuan. Mereka berharap, dengan adanya kelas APK ini, mereka bisa membuat perubahan baik bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat umum.

 

Kontributor: Siti Homsiyah, Kader Pekka Kabupaten Buton Tengah, Sultra

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *