Diskusi Kampung Desa Pohuwato

Diskusi Kampung Desa Pohuwato

Walaupun lelah karena selesai melaksanakan kegiatan Sampah Tukar Sembako, ditambah lagi dengan panasnya cuaca di siang hari, tak menghentikan niat saya untuk pergi ke Kantor Desa Pohuwato untuk mengikuti Diskusi Kampung.

Kamis, 26 Oktober 2023, saya bergegas untuk siap-siap berangkat, dengan panasnya cuaca matahari tak menghentikan niat saya untuk menunggu kendaraan (Bentor) yang lewat untuk mengantarkan saya ke balai Desa Pohuwato.

Sesampainya saya di sana, semuanya sudah duduk dengan rapi di tempatnya masing-masing. Saya langsung mengambil posisi untuk mengambil gambar.

Diskusi kampung dihadiri oleh dua puluh orang termaksud saya sendiri. Pembawa acara oleh ibu Hestin kadir. Pembacaan Do’a oleh ibu salah satu anggota PKK Desa Pohuwato. Sambutan pertama oleh perwakilan kader Pekka ibu Lili Kosambi. Sambutan Kedua sekaligus perkenalan kembali oleh Koodinator Wilayah Pekka Ibu Nursia Untungdaleng. Beliau menyampaikan tentang siapa itu Pekka.

Perempuan yang di sebut Pekka adalah perempuan yang suaminya merantau, suaminya sakit-sakit, janda hidup, janda mati dan perempuan lajang tetapi menjadi tulang punggung keluarga. Tak hanya itu ia juga menyampaikan bahwa di acara KLIK PEKKA yang dilaksanakan, sudah ada hasilnya dan akan dibagikan kepada masyarakat yang telah mengurus data-datanya seperti pengurusan KK, KTP, dan Akta Kelahiran. Ibu Nursia menyampaikan tentang akan diadakannya kembali kegiatan KLIK PEKKA di tahun 2024 di Desa Pohuwato tetapi harus ada persetujuan dari Kepala Desa tentang dana yang harus dikeluarkan untuk kegiatan KLIK tersebut.

Pak Kades sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua anggota Pekka dan ibu Korwil atas kerja sama untuk mengadakan kegiatan KLIK PEKKA di desa ini. Pak kades juga menyetujui dengan usulan diadakannya kembali kegiatan KLIK di Pohuwato. Selanjutnya penyerahan Kartu keluarga dan akta kelahiran untuk masyarakat sekaligus dengan penandatangangan kesepakatan KLIK yang akan dilaksanakan kembali di Desa Pohuwato yang bersumber dari ADD tahun 2024. Setelah semuanya selesai acara ditutup membaca doa dan foto bersama.

 

Kontributor: Citra Inaku, Kader Pekka Kabupaten Pohuwato, Gorontalo

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *