Koperasi Pekka mengajarkan saling bertanggung jawab

Koperasi Pekka mengajarkan saling bertanggung jawab

Arisan Pekka, begitulah kata yang tidak asing lagi di telinga kami, selaku anggota Serikat Pekka Wonder Woman. Pada hari ini Sabtu, 14 Januari 2023 Kami mengadakan arisan rutin Pekka bertempat di Rumah Ibu Syahfitri Dusun Lubuk Mane, Desa  Lubuk Damar Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang. Ini merupakan arisan pertama di Tahun 2023.

Arisan hari ini tergolong sedikit anggota yang hadir yaitu 15 anggota, dikarenakan selain masih musim ke sawah, ada beberapa anggota yang tidak ada ditempat karena bepergian. Namun, walaupun mereka tidak hadir, mereka tetap memiliki rasa tanggung jawab yaitu membayar uang pinjaman dan uang simpanan wajib dengan menitipkannya kepada pengurus/teman lainnya yang pergi arisan. Dengan demikian arisan tetap berjalan lancar. Jumlah uang yang terkumpul pada pertemuan ini yaitu Rp. 2.045.500,- dan dipinjam oleh ibu nur Aini Rp. 2.000.000 dengan cicilan 220.000/bulan selama 10 bulan. Sisanya kembali ke kas koperasi Rp.45.500.

Alhamdulillah, selama ini para anggota selalu bertanggung jawab dan tepat waktu untuk pengembalian uang yang telah dipinjam tersebut, sehingga setiap bulannya tetap ada penerima manfaat dari koperasi pekka secara bergilir. Hal ini sangat membantu para anggota untuk menambah modal usahanya.

Selain membahas tentang koperasi serikat Pekka Wonder woman, Pada pertemuan ini juga mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan pada tahun sebelumnya dan membicarakan tentang rencana-rencana yang akan dilakukan tahun 2023 untuk kemajuan serikat Pekka seperti : membuat bank sampah,Pekka mart, merekrut keanggotaan baru untuk bergabung di pekka, membuat kebun hidroponik di masing-masing rumah untuk ketahanan pangan dengan harapan dapat menambah omset pendapatan rumah tangga.

Semoga apa pun hal-hal positif yang direncanakan tercapai kedepannya. Dengan adanya serikat Pekka, kami dapat mempererat silaturahmi dan belajar untuk lebih bertanggung jawab didalam sebuah organisasi serta ingin lebih maju dan berdaya.

 

Kontributor: Suningsih, Kader Pekka Kabupaten Aceh Tamiang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *