Kunjungan Colombo Plan di Serikat Pekka Gianyar

Kunjungan Colombo Plan di Serikat Pekka Gianyar

Sejumlah anggota Serikat Pekka Gianyar menyambut delegasi kunjungan Colombo Plan di Puri Damai di Br. Tunon Desa Singakerta Ubud, yang menjadi Center Serikat Pekka Gianyar.

Pemkab Gianyar melalui Dinas P3AP2KB menerima kunjungan sejumlah negara yang tergabung dalam organisasi Colombo Plan.

Bali tahun ini dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaran Colombo Plan dengan program South-south and Triangular Cooperation atau  Kerjasama Teknik Selatan-Selatan dan Triangular (KSST) program sharing Best Practices on Women Economic Empowerment in Indonesia, dan sejumlah IKM di Gianyar mendapat kesempatan emas dikunjungi sejumlah anggota delegasi Colombo Plan.

Pada kesempatan kali ini delegasi Colombo Plan yang didampingi  didampingi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI dan Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg) berkesempatan mengunjungi sejumlah IKM di Kabupaten Gianyar seperti Puri Damai di Br.

Tunon Desa Singakerta Ubud,  Barong Cokies di Desa Nyuh Kuning Ubud, Tenun Putri Ayu Blahbatuh Gianyar dan di Gold & Silver Bara Desa Celuk Sukawati, Rabu 18 September 2019.

Organisasi internasional Colombo Plan yang beranggotakan 25 negara-negara berkembang dan negara maju, di mana Indonesia salah satu anggotanya ini merupakan organisasi yang mendukung pembangunan ekonomi dan sosial negara anggota, memajukan kerjasama teknik serta membantu alih teknologi antara negara anggota, memfasilitasi transfer dan berbagai pengalaman pembangunan antar-negara anggota sekawasan dengan penekanan pada konsep kerja sama Selatan-Selatan.

Sampai saat ini Puri Damai sudah memiliki koleksi tanaman obat-obatan hampir 382 jenis yang ditanam di lahan seluas 1 hektar lebih. Dengan obat-obatan herbal Puri Damai berusaha membantu banyak orang khususnya yang menderita diabetes, darah tinggi hingga kanker. Selain pengobatan, Puri Damai juga bergerak di bidang edukasi dengan menerima siapa pun yang ingin belajar tanaman dan pongobatan secara herbal.

Selain sebagai pusat pengobatan herbal, Puri Damai juga menjadi pusat kegiatan (center) Serikat Pekka Gianyar, dimana Ibu Ida Ayu Kartika sang pemilik Puri Damai adalah Wali Amanah Federasi Serikat Pekka di tingkat nasional.

Kontributor: Dima, kader Pekka Bali

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *