KLIK PEKKA Perlindungan Sosial Desa Sungai Jaga

KLIK PEKKA Perlindungan Sosial Desa Sungai Jaga

Desa Sungai Jaga B melaksanakan KLIK Pekka Perlindungan Sosial, tempat Balai Desa Sungai Jaga B, Kecamatan Sungai Raya. Alhamdulillah berjalan lancar. Masyarakat Desa Sungai Jaga B, berduyung –duyung mendaftarkan diri dengan masing-masing persoalan yang akan dikonsultasikan, ada akta kelahiran, kartu keluarga, KIS, KIP, istbat nikah, BPJS, gugatan cerai dan PKH, Selasa, 16 Juli 2019.

Masyarakat yang ramai hadir adalah kaum perempuan, bahkan RT yang hadir itu adalah RT perempuan. Tidak semua Kepala Dusun dan RT yang hadir. Pelaksanaan KLIK Perlindungan Sosial dimulai pukul 08.00 – 16.00 Wib. Masyarakat yang hadir berjumlah 55 orang perempuan dan 10 orang laki-laki serta dari Serikat Pekka berjumlah 13 orang.

Yang dihadiri narasumber dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kesehatan yang diwakili dari Puskesmas Sungai Duri, KUA Sungai Raya serta TKSK Sungai Raya.

Ibu-ibu masyarakat Desa Sungai Jaga B dengan sabar menunggu antrian panggilan sambil menikmati snack kue dan air yang disiapkan dari kantor desa atas kebijakan Kepala Desa Sungai Jaga B. Ibu- ibu ramai berkonsultasi mengenai kasus akte kelahiran dan BPJS PBI.

Setelah kegiatan KLIK Pekka hampir selesai dari, dari Dinas Dukcapil Sahbani menyerahkan akte kelahiran kepada panitia untuk Desa Sungai Keran dan Desa Sungai Raya. Usulan akte kelahiran tersebut waktu jemput bola di kantor Camat Sungai Raya Kepulauan. Tapi sayang Klik Pekka kali ini tidak dihadiri BPJS Kesehatan sedangkan banyak warga yang hadir ingin konsultasi mengenai permasalahan  BPJS. Sehingga konsultasi di alihkan dengan TKSK Kecamatan Sungai Raya Eko Raharjo yang dengan senang hati membuka konsultasi tersebut.

Jumlah kasus yang di konsultasikan KTP 10 kasus, KK 5 kasus, Akte Kelahiran 12 kasus, BPJS PBI 20 kasus, PKH 3 kasus, Gugat Cerai 4 kasus, Itsbat Nikah 6 kasus dan KIP 3 kasus.

Kontributor: Azimah, kader Pekka Bengkayang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *