Musyawarah Besar  Serikat Pekka Kabupaten Sanggau

Musyawarah Besar Serikat Pekka Kabupaten Sanggau

Di awal bulan Juni, pada hari Senin kami berjalan menyelusuri tepian hutan semak belukar dan melewati jembatan yang terbuat dari kayu dan bambu, terlihat jembatan yang sudah rapuh seakan mengatakan bahwa iya harus segera di lakukan perbaikan, karena jembatan sudah ada yang berlubang.

Dilaksanakan nya Musyawarah Besar luar biasa Serikat Perempuan Kepala keluarga (MUBESLUB) Serikat Pekka Kabupaten Sanggau sebagai forum pengambil keputusan tertinggi Serikat Pekka.

Senin, 7 Juni 2021 di jalan Dr. Surono kelurahan Sungai Sengkuang kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat.

Serikat Pekka kab. Sanggau melaksanakan Musyawarah Besar ( MUBESLUB) tahun 2021, mengenai Penetapan Pimpinan sidang dan tata tertib sidang.

Pembacaan AD/ART, Pemilihan koordinator wilayah kabupaten Sanggau, Pemilihan ketua Serikat Pekka Desa Semuntai dan kelurahan Sungai Sengkuang. Membuat rencana kerja 5 tahun dan tahun 2021.

Di hadiri 14 orang anggota serikat terdiri dari pengurus kelompok,ketua, sekretaris dan bendahara. Di fasilitasi oleh Diana Lestary selaku konsultan dari yayasan Pekka.

Tanggal 8,9,10 dan 12 Juni 2021 kami mengikuti pelatihan kepemimpinan, tata kelola organisasi bagi pengurus serikat dan pengelolaan administrasi serikat Pekka.

Pelatihan di laksanakan di rumah kediaman Dayang Radiyah, selaku ketua kelompok Temponaei yang berstatus sebagai tulang punggung keluarga, dia tinggal hanya berdua dengan ibunya yang berusia kurang lebih 60 tahun.

Mentoring materi, masing-masing peserta belajar dan berlatih untuk memfasilitasi diskusi, belajar untuk menguasai materi, belajar untuk tidak merasa gugup( grogi) apa bila sedang memfasilitasi suatu diskusi/ pertemuan, dan memfasilitasi pelatihan visi misi berkelompok.

Suatu kalimat yang mana harus kita perhatikan pada saat memfasilitasi/ memberikan materi perlu kita hindari prasaan so tahu dengan anggapan bahwa kita tahu segalanya, dan pentingnya mendengarkan tanggapan dari peserta, perlu adanya toleransi supaya tidak terjadi konflik, tidak menjatuhkan orang lain dan saling menghargai.

Pengelolaan administrasi serikat Pekka, perlu adanya sarana komunikasi seperti surat resmi dan tidak resmi. Mempelajari dan belajar membuat surat resmi adalah hal penting bagi kami untuk pengelolaan serikat Pekka Kabupaten Sanggau kedepannya.

Membuat notulensi di setiap kegiatan adalah hal yang wajib dilakukan supaya kegiatan – kegiatan kami bisa terlihat/terbaca oleh seknas pekka.

Pelatihan membuat buku kas, buku kas Bank, pendanaan proyek dan non proyek dan di harapkan peserta benar-benar mengetahui dan memahami cara-cara membuat buku kas tersebut untuk serikat kedepannya.

Pentingnya kepemimpinan dan pengelolaan, penyelenggaraan Serikat Pekka Kabupaten Sanggau menetapkan koordinator wilayah periode Tahun 2021-2025 adalah Harmiati, ketua Serikat Pekka Desa Semuntai adalah Sriwati M dan ketua Serikat Pekka kelurahan Sungai Sengkuang adalah Nengsih.

Kontributor: Harmiati, Sanggau Kalbar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *