Moneva dan Peningkatan Kapasitas Serikat dan Koperasi

Moneva dan Peningkatan Kapasitas Serikat dan Koperasi

Kegiatan audit Serikat Pekka Provinsi Sulawesi Selatan di Center Pekka Bone Jl. Andi Celleng Kelurahan Cellu Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Watampone.

Peserta kegiatan ini adalah pengurus serikat pekka Bone dan pengurus kelompok pekka Wajo sebagai perwakilan, serta para pengurus LKM/ Koperasi. Kegiatan Moneva ini dilaksanakan pada tanggal 14 – 16 September 2019.

Di hari pertama peserta di bagi menjadi dua kelas yaitu kelas pengurus serikat dan kelas pengurus LKM/koperasi. Akan tetapi sebelum kelas dibagi dua, terlebih dahulu para peserta digabung di 1 kelas dengan agenda penjelasan alur kegiatan selama monitoring dan audit.

Peserta mempersentasikan kegiatan- kegiatan di wilayah masing-masing dalam kelas pengurus serikat.

Di hari ke 2 peserta kembali dibagi menjadi dua kelas. Di kelas pengurus serikat dipaparkan hasil moneva tahun 2018, kemudian dilanjutkan dengan materi bermain peran. Fasilitator juga berbagi dimana kelas serikat difasilitasi oleh Retno sedangkan kelas LKM/koperasi difasilitasi oleh Mulyati. Para peserta ditugaskan untuk menyusun permainan puzzle tentang tugas dan fungsi pengurus.

Di hari ke 3 peserta masih dibagi menjadi dua kelas. Di kelas pengurus serikat dipaparkan surat kontrak, kemudian dilanjutkan mempelajari dan mempraktekkan cara mengisi pembukuan tentang biaya operasional, tentang sumber pendanaan Serikat, tatacara mengisi buku kas bank, buku kas proyek, buku kas serikat dan buku kas iuran.

Sementara dikelas LKM/Koperasi materi yang dibahas adalah mengevaluasi perkembangan Koperasi Tomaseddi dan Koperasi Tomalempue selama ini.

Selain itu mendiskusikan permasalahan dari 2 koperasi tersebut seperti pembukuan koperasi, buku-buku yang dimiliki koperasi, kepengurusan, sumberdaya manusia yang tersedia sebagai pengurus, tunggakan koperasi dll.

Selanjutnya mendiskusikan solusi yang diambil dari permasalahan tersebut, praktek membuat buku kas, rekapitulasi simpanan, rekapitulasi pinjaman, Rugi Laba dan neraca dari setiap kelompok.

Setelah semua materi selesai peserta kembali digabung menjadi satu kelas. Kemudian sebelum acara moneva ditutup diadakan Ice beaker yang dipandu oleh Mbak Mulyati.

Kontributor: Asnidar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *