KLIK di Gampong Tengoh

KLIK di Gampong Tengoh

Pagi yang begitu cerah saat kami para panitia KLIK (Klinik Layanan Informasi dan Konsultasi) dengan penuh semangat hadir lebih awal sebelum kegiatan dimulai.

Panitia mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan seperti form absensi untuk masyarakat dan narasumber, merapikan meja kursi dan semua yang dibutuhkan. Panitia juga memastikan semua perlengkapan KLIK sudah tersedia dan berada di posisinya masing-masing.

Hari Rabu 22 Januari 2020, Serikat Pekka Aceh Barat Daya melaksanakan acara KLIK yang di adakan di depan Mesjid Gampong Tengoh.

Tepat jam 08.00 WIB, masyarakat Gampong Tengoh sudah mulai hadir ke kegiatan KLIK. Masyarakat hadir untuk berkonsultasi, seperti: menanyakan syarat yang harus di bawa untuk membuat kartu seperti KIA dan BPJS, dan lainnya. Karena terkadang masyarakat kurang paham dengan informasi di selebaran yang diedarkan.

Acara KLIK Gampong Tengoh dihadiri oleh Bapak Camat Kuala Batee, Ibu Sekcam, Disdukcapil, P2TP2A, Dinas Kesehatan dan dari BPJS. Sedangkan yang tidak hadir yaitu dari Dinas Sosial karena bertepatan ada acara Rakor di BAPPEDA.

Acara dibuka oleh Erika sebagai pembawa acara, kemudian sambutan dari Ketua Serikat Aceh Barat Daya Cut Raihan.

Setelah itu sambutan dilanjutkan dari Geucik Gampong Tengah dan Camat Kuala Batee sekaligus yang membuka acara KLIK Pekka.

Menurut Camat Kuala Batee,“Bahwasanya acara KLIK yang dilakukan oleh Serikat Pekka Abdya ini sangat mulia, karena sangat meringankan masyarakat yang tidak perlu jauh- jauh untuk mengurus keperluan seperti: membuat KIA, BPJS, AKTE dan sebagainya.”

Bu Sekcam pun mengatakan, “saya merasa kagum dengan yang dilakukan oleh Pekka”.

Di meja Dinas Kesehatan tidak banyak masyarakat yang berkonsultasi, hal ini disebabkan karena mereka tidak membawa obat-obatan dan stok obat di Puskesmas tidak ada, kata salah satu dari petugas Dinas Kesehatan.

Di sudut lainnya kegiatan KLIK Pekka kali ini, masyarakat sangat antusias untuk membuat BPJS. Karena banyak BPJS yang harus di perbaharui. Selain itu ada juga yang berkonsultasi di P2TP2A dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Dalam KLIK yang dilakukan di Gampong Tengoh Kecamatan Kuala Batee Kab. Aceh Barat Daya  ini terdapat 359 kasus yang dikonsultasikan terkait perlindungan sosial, identitas hukum dan masalah hukum lainnya.

Penulis: Lasmi, kader Pekka Abdya, Aceh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *