Kebersamaan adalah Sebuah Kekuatan

Kebersamaan adalah Sebuah Kekuatan

Bersama ibu- ibu Kelompok Pekka Tanjung Harapan dan Senang Hati di Desa Lewalu sedang persiapan acara Pengukuhan kelompok yang akan terjadi pada hari Sabtu, tanggal 31 Agustus 2019. Acara pengukuhan kelompok ini diadakan di Rumah Adat Kamang Bura. Arti dari Kamang Bura adalah belut putih yang merupakan keturunan Nenek moyang.

Hadir juga Ibu Camat Alor Barat Laut, Ibu Debrina Lelang SE, untuk membuka kegiatan lalu melanjutkan kegiatannya di Desa Alor Kecil. Semuanya pada senang dan semangat terlihat dalam raut wajah mereka di saat kedatangan kami dihari ini.

Ada beberapa ibu- ibu yang membersihkan beras, ada yang mengambil air, meracik sayur dan mengantar undangan baik secara tertulis dan lisan, setelah itu latihan bersama baik lagu Indonesia Raya dan lagu Pekka.

Kesepakatan yang dibangun adalah setiap anggota wajib punya tanggungan berupa uang, kayu api, air dan peralatan dapur bagi yang memiliki bawa saja.

Kebersamaan seperti ini akan terus dipertahankan sampai ke anak cucu kita. Dua kelompok di Desa Lewalu baru terbantuk tanggal 18 Agustus 2019.

Nampak sekali mereka bergotong royong untuk saling membantu diantara mereka.

Sebelum kami pamit pulang Bapak Kepala Desa membawa kami jalan- jalan sambil melihat lokasi pemboran air serta tanaman yang mereka tanami sayuran, tomat, sere.

Hari pun sudah gelap, menunjukan kami harus kembali ke tempat penginapan yakni di Alor Besar.

Kontributor: Petronela Peni

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *