Pelatihan Ketrampilan Fasilitasi Dan Perencanaan Dalam Mendukung Pengembangan Ekonomi Lokal

Pelatihan Ketrampilan Fasilitasi Dan Perencanaan Dalam Mendukung Pengembangan Ekonomi Lokal

Project  NSLIC/ NSELRED mengadakan Pelatihan Ketrampilan Fasilitasi Dan Perencanaan Dalam Mendukung Pengembangan Ekonomi Lokal  yang bertempat di Aston Sentul Lake Resort Conference Center Jl. Pakuan No.3 Sentul, Bogor pada tanggal 18 -20 Juni  2019.

Kegiatan yang berlangsung dari hari selasa sampai dengan kamis itu dimulai pukul 08.30 – 17.00 WIB selama tiga hari.

Lokakarya ini bertujuan untuk:

  1. melihat kebelakang dan menatap kedepan pengembangan ekonomi lokal
  2. melatih kemampuan teknik memfasilitasi
  3. melatih cara merencanakan pengembangan ekonomi lokal.

Kegiatan dibuka oleh Project Direktur NSLIC/ NSELRED Dr. Rino A Sa’danoer dilanjutkan dengan pemateri di hari pertama oleh Dr. Mukti setelah sesi perkenalan yang difasilitasi oleh Pak Afridon peserta dari Gorontalo.

Sejak hari pertama hingga hari ketiga membahas terkait materi objek compass, refleksi, penyusunan CSF (Criticel Sucses Factor)/ Faktor penentu Keberhasilan, menyusun prioritas CSF, Kuadran demi kuadran dengan menggunakan Teori Pareto, pencocokan, mengidentifikasi kesenjangan CSF dan penyusunan rencana aksi.

Selanjutnya penutupan pelatihan dengan sesi foto bersama dan penyerahan sertifikat.

Peserta pelatihan sebanyak 60 orang berasal dari  Provinsi Sulawesi Tenggara dan Provinsi Gorontalo serta Kementerian Desa pusat. Perwakilan Sultra terdiri dari Kota Kendari, Konawe, Bombana, Wakatobi dan Kota Baubau yang mengutus instansi BAPPEDA, Akademisi dan Organisasi lokal.

Peserta Kota Bau-Bau sebanyak 6 orang yang terdiri dari: BAPPEDA, Akademisi dan perwakilan Serikat Pekka yaitu Linda Paliran dan Hasna (dalam hal ini saya sendiri).

Dalam pelatihan ini pelibatan perempuan sebanyak 50%.

Narasumber sekaligus yang memfasilitasi pelatihan sebanyak enam orang yang tergabung dalam tim NSLIC / NSELRED yaitu : Dr. Rino, Dr. Mukti,  pak Faisal, ibu Natalie, ibu Lia dan Kordinator Provinsi Waode Diah Fardilla Oba.

Sebelum menutup kegiatan pelatihan Direktur NSLIC / NSELRED  menyampaikan agar sekembalinya di daerah masing – masing bisa mengiplementasikan dan melanjutkan sesuai dengan apa yang direncanakan .

Para peserta pelatihan senantiasa bersyukur semoga apa yang diperoleh saat pelatihan dapat di iplementasikan dan sesuai dengan apa yang ingin di capai sesuai dengan perencanaan.

Kontributor: Hasna

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *