Training of Trainers (TOT) Peningkatan Kapasitas Dalam Pengembangan Ekonomi Lokal

Training of Trainers (TOT) Peningkatan Kapasitas Dalam Pengembangan Ekonomi Lokal

Project NSLIC/ NSELRED mengadakan TOT Peningkatan Kapasitas dalam Pengembangan Ekonomi Lokal pada hari Senin-Jumat tanggal 24 – 28 Juni 2019 bertempat di Aston Sentul Lake Resort Conference Center Jl. Pakuan No. 3 Sentul Bogor.

Kegiatan dimulai pukul 08.30 – 17.00 WIB, selama 5 hari. Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas fasilitator lokal, kapasitas kelompok, membuat rencana aksi kegiatan, serta meningkatkan kapasitas bahan pembelajaran untuk fasilitator lokal.

Kegiatan ini dibuka oleh Project Director Dr. Rino A Sa’danoer dilanjutkan dengan sesi perkenalan dan sharing informasi serta berbagi pengalaman dalam menjalankan usaha maupun pengalaman dalam organisasi yang difasilitasi oleh tim Indoprima Advisa  Management pada hari pertama.

Hari kedua sampai hari kelima pelatihan tentang modul satu sampai modul tujuh yaitu  Kewirausahaan berpersfektif gender, Packaging (kemasan) untuk meningkatkan pemasaran hasil produk, Kepemimpinan Perempuan, Penguatan Kelembagaan Perempuan serta teknik memfasilitasi, Perizinan usaha UMKM, Pengembangan Bisnis, dan Akses Keuangan Mendapatkan Pendanaan.

Penutupan pelatihan di hari kelima di akhiri  dengan sesi foto bersama dan  penyerahan sertifikat.

Peserta pelatihan berasal dari Provinsi Sulawesi Tenggara dan Provinsi Gorontalo masing – masing provinsi 30 orang, yang terdiri dari : Koordinator provinsi, Fasilitator kabupaten, Akademisi, Lokal NGO, Asosiasi Pengusaha Perempuan(IWAPI), Asosiasi pengusaha lokal, Business Development Service Providers(BDSPs).

Peserta dari Kota Bau-Bau sebanyak empat orang yaitu, Fasilitator NSLIC Kota Bau-Bau, pelaku UMKM, dan perwakilan Serikat Pekka dua orang yakni Kader Linda Paliran dan Kader Hasna.

Tim Indoprima yang memfasilitasi pelatihan sebanyak tujuh orang diantaranya Ir. Yani Motik, Ir. Abdul Marsono, Ir. Azman, Ir. Ndang, Ir. Imas dan Prof. Bambang. Sebelum mengakhiri pelatihan, Yani Motik mengharapkan agar ilmu yang di dapatkan saat pelatihan bisa menjadi bekal dan bisa di implementasikan ke orang lain di wilayah masing-masing baik tentang teknik memfasilitasi maupun pengetahuan dalam pengembangan bisnis dan perizinan usaha.

Dr. Rino selaku direktur NSLIC / NSELRED mengungkapkan,

“kalian para Trainers sangat beruntung bisa difasilitasi oleh fasilitator – fasilitator dari pengusaha sukses seperti tim Indoprima semoga apa yang didapat bisa diiplementasikan diwilayah  masing – masing.

Para Trainers juga merasa dengan pelatihan ini bisa menambah kemampuan dalam memfasilitasi dan menambah pengetahuan tentang bagaimana membuat perizinan terutama kami sebagai perwakilan Serikat Pekka bisa mendapatkan tambahan ilmu tentang kepemimpinan perempuan serta dapat berbagi pengalaman tentang organisasi Serikat Pekka dan salah satu kegiatan ekonomi adalah simpan pinjam.

Kontributor: Hasna

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *