Pelatihan Pendataan Anggota

Pelatihan Pendataan Anggota

Cuaca yang sangat cerah jam sudah menunjukkan pukul 8.00 wib,saya buru- pergi karena merasa sudah telat,,ketika mau keluar dari rumah hpku bergetar saya pun mengambilnya dari tas langsung dijawab telpon dari Kak Afrida Purnama yang sudah sampai dicenter,dan saya langsung berangkat.Setibanya di Center Pekka saya langsung buka dan masuk lalu mulai mendaftar masuk karena acara Webinar akan segera dimulai.

Pada Minggu 02 Agustus 2020 ,Kader Pekka sebagai Enumerator mengikuti Webinar memakai Zoom untuk Pelatihan Pendataan anggota Pekka gelombang ke 3.Selama pandemi Covid 19 ini Yayasan Pekka mengadakan kegiatan Webinar baik itu Diskusi ,,pelatihan pakai aplikasi Zoom.Enumerator dari Aceh Selatan ada 5 orang, dan Faslap .
Pelatihan diadakan dicenter Pekka Desa Tutong ,kecamatan Labuhanhaji Barat,Kabupaten Aceh Selatan.Webinar ini dimulai dari jam 9.00 wib sampai jam 15.00 wib.

Pada awal pelatihan host mas Yanto,kemudian direktur Pekka bunda Nani Zulminarni membuka pelatihan pendataan ini yang sebelumnya tahun kemaren sudah pernah dilakukan pendataan.Maka ditahun 2020 ini kembali pendataan anggota Pekka yang nanti akan mendata semua kelompok ,beserta anggota kelompok Pekka.
Pada pelatihan pendataan ini diikuti oleh beberapa propinsi yang ada Pekka di Indonesia, Dipelatihan ini pun dibagi menjadi 3 kelas A,B,dan C.Dimana kami Enumerator dari Serikat Pekka Aceh Selatan masuk dikelas C,di kelas C ini di pandu mba Oemi Faezathi yang menjelaskan kepada enumerator tentang pendataan dan yang harus didata.
Mba Oemi menjelaskan yang harus didata profil kelompok yang aktif dan kelompok yang tidak aktif yaitu kelompok yang tidak melakukan kegiatan selama 6 bulan terakhir dan kelompok yang sudah tidak berkegiatan namun anggotanya masih terikat simpan pinjam dikelompok. Ada juga mengisi kuesioner data anggota Serikat Pekka yaitu Anggota aktif,dan anggota tidak aktif adalah anggota kelompok aktif yang datang ke pertemuan kelompok selama 6 bulan berturut -turut,serta anggota dari kelompok yang tidak aktif.

Kemudian masuk lagi tentang bagaimana pengisian Kuesioner Data Base anggota Serikat Pekka dan kuesioner Data Profil kelompok Pekka yang dijelas kan Oleh Icha Marsela sebagai host pada pelatihan pendataan untuk kelas C. Setelah Icha menjelaskan dan dimengerti maka pada samapai pula pada tahap pengentrian geogle Form dimana setiap enumerator harus belajar cara pengentrian data anggota serikat Pekka yang sudah didata.

Kontributor: Ernawati, kader Pekka Aceh Selatan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *