Arisan Serikat Pekka Kabupaten Aceh Tamiang

Arisan Serikat Pekka Kabupaten Aceh Tamiang

Minggu, 15 Januari 2023 diadakan arisan rutin Serikat Pekka Kabupaten Aceh Tamiang. Aku Suningsih, berusia 34 tahun, merupakan salah satu anggota Serikat Pekka Kabupaten Aceh Tamiang. Panas terik tak menghalangi niatku untuk pergi ke arisan rutin Serikat Pekka Kabupaten Aceh Tamiang tersebut. Sekitar pukul 12:15 WIB, Akupun menjemput  Ibu Idawati untuk berangkat ke arisan di rumah Ibu Ilin di Desa Kota Lintang, Kabupaten Aceh Tamiang.

Di tengah perjalanan terdengarlah suara adzan, kami pun singgah sejenak ke mesjid untuk melaksanakan ibadah sholat Dzuhur. Setelah selesai sholat, kami melanjutkan lagi perjalanan menuju lokasi arisan. Adapun jarak tempuh dari Desa Lubuk Damar ke Desa Kota lintang sekitar 35 Km, dalam waktu 1 jam 15 menit. Sebelumnya, aku belum pernah bersilaturahmi ke rumah Ibu Ilin jadi bermodalkan info dari WA grup serikat, kutelusuri alamat rumah Ibu Ilin. Alhamdulillah sampailah aku dan Ibu Idawati pukul 13:45 di rumah Ibu Ilin. Tidak lama kemudian mulailah berdatangan teman-teman lainnya juga yang datang dari desa yang berbeda di Aceh Tamiang.

Pada arisan ini, lebih banyak membahas kelanjutan koperasi Kabupaten Serikat Pekka Aceh Tamiang yang baru terbentuk. Peserta arisan yang hadir sekitar 20 orang, ada beberapa lainnya yang berhalangan untuk hadir namun tetap menitipkan uang pembayaran koperasi. Hal ini karena para anggota sadar dan bertanggung jawab sebagai anggota koperasi. Selanjutnya Bendahara koperasi yaitu Ibu Suriyani mulai sibuk mencatat semua transaksi pembayaran simpanan pokok, wajib dan sosial masing-masing anggota, Alhamdulillah terkumpullah sekitar Rp.340.000. Ini merupakan awal yang bagus, semoga ke depannya semakin meningkat dan berkembang.

Di sela-sela kegiatan ini, hadir juga ibu Datmi selaku pengurus Federasi. Beliau juga menegaskan kembali tentang SOP koperasi yang harus benar-benar ditaati oleh setiap anggota koperasi tanpa terkecuali, karena uang yang ada di koperasi ini milik banyak orang sehingga manfaatnya juga akan dirasakan dari anggota untuk anggota koperasi sendiri. Para anggota sangat antusias merespon pembahasan SOP koperasi, semua anggota koperasi bebas bertanya dan berpendapat untuk mencapai kata mufakat. Sehingga diharapkan ke depannya tidak terjadi selisih paham tentang SOP koperasi, agar koperasi semakin maju dalam memberdayakan anggotanya. Aamiin

 

Kontributor: Suningsih, Kader Pekka Kabupaten Aceh Tamiang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *